Home » Tutorial » Ketika Komputer Hang atau Sering Muncul Layar Biru

Ketika Komputer Hang atau Sering Muncul Layar Biru

Gejala ini seringkali muncul ketika komputer yang anda gunakan mengalami overheat pada processor. Langkah untuk memperbaiki gejala komputer macam ini adalah dengan memeriksa apakah heatsink kompter anda kotor sehingga menyebabkan terhambatnya aliran angin dari kipas ke arah processor, jika benar maka cukup bersihkan heatsink tersebut dengan penyedot debu agar kotoran-kotoran pada heatsink bisa terangkat dan membuka kembali jalur heatsink yang tersumbat. Jika kemungkinan pertama tidak terjadi, maka kemungkinan kedua adalah isolator pada pembatas heatsink dengan processor mengalami kekeringan, cara untuk mengatasinya yaitu dengan membuka heatsink processor dan membersihkan pasta (krim kental yang menjadi isolator antara heatsink dengan permukaan processor) yang telah mengering dan memberi pasta yang baru. Pasta yang kering pada heatsink sangat berpengaruh, karena selain mampu meredam panas yang dihasilkan oleh heatsink ketika rpm pada kipas tidak bisa berputar lebih cepat untuk mendinginkan teperatur processor.

68 Comments

  1. sapimoto says:

    RAM yang mengalami kerusakan, apakah juga bukan salah satu yang menyebabkan blue screen?

  2. fuad148 says:

    Kalau RAM mengalami kerusakan, biasanya ketika pertama kali menghidupkan komputer, maka komputer tidak bisa melakukan proses booting. Jadi bisa saja terjadi layar biru dan jika di restart tidak bisa booting.

  3. Asop says:

    Tapi bener kata sapimoto, kerusakan RAM juga bisa lho. PC adikku juga pernah sering blue screen sendiri. Kebetulan di rumah punya lumayan banyak hardware bekas (tapi masih bagus), trus satu per satu di ganti komponen PC-nya pake yg bekas itu, mungkin yg rusak HDD, VGA, ato PSU. Maklum, kami ga tau apa2 soal kerusakan hardware…. ^^

    Udah dicoba semua, masalah masih tetep ada. Pas ganti RAM-nya (yang baru beli nih, ga punya yg bekas), jadi bener lagi! So, masalah ada di RAM rupanya….

  4. fuad148 says:

    Yup.. bener.. tapi bedanya satu..
    kalo RAM yang rusak.. PC tidak bisa dihidupkan lagi, karena tidak akan bisa melalui proses masuk BIOS.
    kalo heatsink nya yang kotor, itu masih bisa booting dan berjalan normal, tapi biasanya jarak 1 jam kemudian PC hank dan muncul layar biru, dan bila dihidupkan kembali PC akan kembali normal..

    • Onald says:

      Betul bgt bro, ini skrg mirip dgn masalah laptop sy, ketika browsing 2-3 jam tiba2 semua informasi pd browsing sy (mozzila) berlahan ilang satu persatu hingga akhirnya hang n background menjadi biru polos n gak bisa dimatiin harus dgn cara manual trus di idupin lg normal lg, nah masalahnya sekarang sy kurang faham dgn heatsink kompter letak n bukanya gmn sy takut yg ada ntar laptop sy rusak (maklum soalnya sy bisa make doank :) ) jd gmn neh baiknya bro soalnya malas jg klo lg enak2 browsing pa lg download eh muncul masalah ini, mohon pencerahaannya, thanks sebelumnya :))

  5. pien says:

    kompi aku juga mengalami hal yang sama. sering terjadi blue screen yang isinya maslah pada software atau hardware. saya kebingungan karena sama sekali tidak mengerti tentang software dan hardware, jadi saya tanya teman2, katanya rusak VGA cardnya atao install ulang windows aja . awalnya saya mengganti vga card dgn yg baru tapi tidak berhasil. lalu saya coba install windows, tapi ketika on prosess ada file yang missing/intterupt.apakah akar permasalahan pada ram?mohon bantuannya.

    • fuad148 says:

      Coba anda masuk pada biosnya untuk ngecek apakah motherboardnya jalan ato tidak. kalo anda bisa masuk ke bios, erarti motherboard sama ram tidak ada masalah. berarti masalah ada pada processor. Processornya bisa mengalami kepanasan karena pemakaian yang terlalu lama, solusinya dengan membersihkan heatsink kipas yang terletak di atas processor atau memberi pasta antara processor dengan heatsink.
      Kalau anda tidak bisa masuk bios, berarti permasalahan ada pada ram anda. solusinya y harus ngganti ram itu. ato bisa anda cek ram nya di komputer teman atau komputer anda yang lain.

    • Ardi says:

      Ad, coba bantu ya..
      @pien:
      Penyebab Blue Screen memang kebanyakan adalah hardwarenya. Biasanya itu terjadi karena ada kesalahan data yang diproses gara-gara ada hardware yang kurang berfungsi dengan baik.
      Tapi kalau penyebabnya gara2 VGA card, Saya rasa bukan itu. Kalo VGA cardnya yang rusak, harusnya tampilan dilayar juga rusak .

      Nah, kalau ketika install/jalanin windows ada file yang missing, ada dua kemungkinan.
      1. harddisknya ada kerusakan, entah badsector atau rusak total.
      2. kabel data untuk harddisk yang rusak,

      Penyebab yang nomer2 ini sering banget terjadi. So, jangan buru-buru beli harddisk baru ^_^

  6. Balqis says:

    Maaf mau tanya, ana instal ulang windows tp pas msk ke pembagian partisi (dmana system mau di tempatkan, keboardny ga bs di jalankan). Knp ya? Apa solusiny?

    • fuad148 says:

      Wah, berarti ada error di bagian device hardware-nya. Saya belum pernah menjumpai kasus seperti itu, coba dengan keyboard yang lain

  7. Balqis says:

    Knp ya pas pembagian partisi dmana system mau di tempatkan keyboardny ga jalan. Apa penyebabny? Solusiny?

  8. yogi cuaem gokil says:

    maaf mau nanya nih sewaktu maen game kira kira satu jam trus muncul blue screen kan saya ikuti bersihkan heat sinknya tapi masih error juga trus saya ganti ram nya ehh malah masih muncul tu blue screen nya gimana yah apa saya banting aja komputer nya dari lantai 12 biar ancor

    mohon jawabanya kirim ke yogi12a@gmail.com

  9. r12al says:

    ne mw nanyak,, da komputer yang ngak mw nembak ke monitor,,,tu penyebab-a knp n pa solusi-a?

  10. Ichal says:

    mw nanya knp pas mw install OS baru sering terjadi blu screen yang bilang bhwa ad mslh dngn software dan hardware….mhon bantuannya…!

  11. ardigreen says:

    bagus skali infonya saya juga mengalami masalah yang serupa ketika saya install ulang, di tengah perjalanannya muncul blue screen apakah itu bermasalah dengan prosesor…???

  12. ridwan says:

    mas, bantuin sayan dong. komputer saya aneh bgt nh. kan komputer saya koneksi ke internet.. nah waktu saya booting di colokin RJ45 nya koputer hang saat masuk windows. nah, kalo kabel di copot, boting lancar.. ada apa tuh ya mas > tolong ya mas..

    • fuad148 says:

      ada yang crash di windows nya, kebanyakan juga gitu, g hanya RJ45 aja, seringkali ketika nyolokin Flashdisk sebelum booting juga gitu, solusinya, colokin setelah bootng aja.

  13. Ahmad says:

    Saya ingin menanyakan setiap kali saya hidupkan komputer sebelum masuk ke windows monitor blank kenapa ya?

  14. renomi76 says:

    mau nanyanih..kenapa ya pc ane kalau mau di pake main game baru masuk ke game udah hang..??

  15. ady says:

    mau tanya ni,kenapa lo laptop mau di show dhon atau di long of gak mati tapi malah hang????? apa yach gendalanya….

  16. endi says:

    mas,,i mau nanya ma mas nih,,,komputer saya koq gak bisa masuk ke windows nyaaa?? kenapa nya ?? mhn di jawab…

  17. yusua says:

    pasta tu,pa pasta gigi tu bs dipake? maaf ak msh awam

  18. endi says:

    mas,,aq mau tanya nih,,komputer aku koq gak bisa masuk ke windows yaa,,

  19. dicki says:

    mau tanya..kenapa klo aku matiin monitor di power,a waktu komputer nyala pas waktu mu nyalain monitor kembali eh malah mati semua ,apa permasalahan,y mnta kasi tau???????

  20. Adi says:

    Mas, temen ane pake LENOVO Y 550. Pas dinyalain gak mau booting. Layarnya item gak brubah sama sekali.
    Masuk ke BIOS juga gak bisa.
    Pencet-pencet apapun juga gak bisa.

    Apakah gejala ini diakibatkan rusaknya RAM?
    Terima kasih penjelasannya..:)

  21. Diana says:

    Mas,saya mau nnya nich…kmren saya sempat nginstal komputer pentium 4 cerita nya gini mas….
    1.saya masukan cd xp2 ke cdrom
    2.sudah terproses tuh…klw ini uda bisa
    3.masukan produc key (sudah)
    4.setting waktu n lokasi sekarang (sudah)
    5.nah yang jd kendala saya pas uda terinstal divice nya berjalan dengan 39 minute lancar
    pas yang 32 minute pada divice berikutnya g jalan2…knp tuc….apa pengaruh pada harddisk mas atau pada cdrom…..tlong bantu saya mas…..terima kasih saya tunggu die-mail saya????

  22. lery says:

    saya mau tanya, ketika saya telah selesai menginstal windows7 dan driver, setelah itu saya mulai menginstal beberapa program dan masih berjalan baik tetapi ketika menginstal deep freeze tiba-tiba bluescreen, kemudian notebook sara otomatis restart masuk tetapi tidak berhasil masuk ke windows. notebook masih bisa bios, kira-kira apa penyebab dan solusinya ya?
    terima kasih atas bantuannya.

  23. jay says:

    mas… ciri2 hd rusak gimana ya…

  24. roro says:

    mo nanya dong mas, sy pke laptop HP Compaq 510, skrg ko srng keluar blue screen 1-2 detik kmdian restart scra otomatis apalagi klo mau install software baru, trus juga knapa yah sering skali program yg sdh ter-install tdk dpt dijalankan,saya coba re-install kmdian dpt berjalan programnya, setelah program di close n coba utk buka lagi tdk bisa lagi, begitu seterusnya, kira2 kendalanya dmn ya mas ?? mohon bantuannya mas, sblmnya trima kasih…..

  25. tohap says:

    Mau tanya mas fuad, knp kalau saya masuk bios terjadi spt ini. Bisa masuk dan mrubah sesuatu cuma 20 – 30 dtk kemudian PC jd hang.
    Tolong ya mas.

  26. mucsint says:

    mas,,,kenapa waktu lg mau mengkli,,kursor nya
    jalan atau mengkelik sendiri,

  27. mucsint says:

    mas ud,di kirim leptop saya kemaren acer4147
    atas nama mucsin.kapan bisa di ambil???

  28. Roby Askara says:

    Mas, pc ane bermasalah nie, sbelum_n pc tiba2 mati tnpa sepengetahuan bos_n,, :D ,, setelah tue g’bs booting, tdk ada tampilan di monitor, lampu merah hidup terus, g’bs masuk bios,, APANYA kira_n yg SALAH ??

  29. rizki says:

    yang jelas apabila sudah bisa masuk bios dan booting secara normal kemungkinan besar kerusakan bukan di hardware, karena pada saat kompi di nyalahkan komputer memulai post yang mengecek semua hardware komputer yang terpasang di kompi dan apabila terjadi bluscreen mungkin i2 masalah system yang eror, coba anda coba dengan linux live cd atw live usb dan pastikan berjalan dengan normal apabila tidak ada kejadian aneh pada saat anda memakai linux, besar kemungkinan system windows anda yang bermasalah…

  30. falhan says:

    laptop acer 4741 ane tiap masuk booting windows sampai tampilan desktop trs layar biru ada error report…dumpping2 memory gt,ane ga tau deh gan,,ada perintah suruh chkdsk\f,tp ga bisa? Maklum gan,bner2 gaptek,,atau bisa dibilang tel apip..telat ama produk iptek.
    Maaf kalo morat marit..maklum nubie berat!!

  31. tony says:

    mas..pc ak nongol blue screen..
    penyebabnya apa ya??
    apa gara2 ak pake soundcardnya dobel?
    soalnya bgitu ak tambahin soundcard, jadi suka nongol layar biru gitu,,
    mohon bantuannya
    makasih ya mas..

  32. leo says:

    maaf, tolong tanya..
    kalau saya pake laptop trus browsing buka youtube gt tiba2 laptop saya langsung hang dan sesaat kemudian langsung muncul layar biru..itu kenapa ya?tapi kalau ga buka video gpp, muncul layar birunya cukup lama gt..

  33. adrian says:

    mau tanya , setelah beberapa kali layar biru komputer saya tiba2 layar hitam ?

  34. jefs says:

    mas,, mau nanya ni,,,saya pnx masalah ama laptop toshiba satellite L645,,,pada saat di hidupkan laptopx kadang2 cuma berhenti di starting windows trus kalu di enter di sembarangn tombol mengeluarkan suara bit trus di matikan lalu dihidupkan lagi klw mau masuk bios tidak bisa baca lalu saya masuk di safe mode tapi tiba2 hang lagi tapi klw di paksa2 trus bisa masuk ke windos 7 tapi pada saat buka driver c,d, atw e itu diminta di format,,,dan saya coba pasangkan driver external akhinya bisa ke baca dan bisa putar musik tapi tidak sampai 15 menit tiba2 laptopx mati,,,padahal blm sampai setahun,,,,tlg dong mas fuad and para teknisi sekalian bantu saya,,,,apakah laptopx kena virus, ran atw hardisx rusak….???sebelumx makasih

  35. nisa says:

    mas fuad, mw tnya, knp y lptop acer sy sring blue screen ( ada tlsn inggris nya ),pdhl blm lm ini d instal ulng…
    g bisa di matiin kecuali dgn cr manual (tkn power button/tombol daya slama 5 detik ).
    ada hub g y dgn batre yg da lmh (lptopny da hmpr 3 thn ) atw krn aplikasi yg d instal kbnykn/bajakn?soalny sring browsing jd ktk mw update contoh tune up utilities g bs krn ktnya g original….tolong d jwb y mas,sy bingung mw service lg pa g…thanx b4 jwbnnya…

  36. nisa says:

    mas fuad, mw tnya, knp y lptop acer sy sring blue screen ( ada tlsn inggris nya ),pdhl blm lm ini d instal ulng…
    g bisa di matiin kecuali dgn cr manual (tkn power button/tombol daya slama 5 detik ).
    ada hub g y dgn batre yg da lmh (lptopny da hmpr 3 thn ) atw krn aplikasi yg d instal kbnykn/bajakn?soalny sring browsing jd ktk mw update contoh tune up utilities g bs krn ktnya g original….tolong d jwb y mas,sy bingung mw service lg pa g…thanx b4 jwbnnya

  37. nisa says:

    mas fuad, mw tnya, knp y lptop acer sy sring blue screen ( ada tlsn inggris nya ),pdhl blm lm ini d instal ulng…
    g bisa di matiin kecuali dgn cr manual (tkn power button/tombol daya slama 5 detik ).
    ada hub g y dgn batre yg da lmh (lptopny da hmpr 3 thn ) atw krn aplikasi yg d instal kbnykn/bajakn?soalny sring browsing jd ktk mw update contoh tune up utilities g bs krn ktnya g original….tolong d jwb y mas,sy bingung mw service lg pa g…thanx b4 jwbnnya….

  38. ibnu says:

    mau nanya ni om, kerin kita instal software register trus di scan n kita fixall lalu pc kita matikan. selang beberapa jam kita hidupkan kembali tapi layar nya gaka nampak tulisan bios (biasanya kalau kita hidupkan pc kan muncul tulisan di layar) trus layar kok biru semuanya gak ada tulisan sama sekali mau instal ulang pun gak bisa kerna gak ada tulisan di biosnya. kira2 apa ya om yang ber masalah. mohon bantuan nya om.
    Terima kasih,

  39. nurans says:

    Mas mau tanya :
    PC Saya koq sekita 30 menit/1-2 jam tiba-tiba layar biaru dengan ada beberapa tulisan ; “xxxx.dll bla bla bla” dan komputer Restart sendiri dan normal kembali tetapi sekitar waktu yang di atas tiba2 seperti itu lagi dan teru seperti itu lagi berulang-ulang. Bagaimana Solusi ?.
    Sebelumnya Aku dah Ganti Power Supply tetapi masih Saja Seperti itu.

  40. http://andcarinsurancequotes.com says:

    Thanks, I’ve just been looking for info about this subject for ages and yours is the greatest I’ve discovered so far. But, what in regards to the bottom line? Are you positive about the source?

  41. asd says:

    bang kalok punya ane dah isa masuk windows tapi screen di windows nya rusak berat bahkan tulisan di Bios jadi symbol :( gmana jal itu bang

    kirim jwb di FB ilham riski (drakatAvalon)

  42. dunk-dunk says:

    Bener Mas, kompi-ku sering blue screen dan setelah baca artikel ini dan aku coba kasih paste, kompi nggak blue screen lagi.
    Salah satu amalan yg terus bertambah dan bertambah adalah ilmu yg bermanfaat, dan ini salah satu ilmu yg bermanfaat tsb.
    Terima kasih buanyakkkkk………………

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

