Anak Indonesia Asli

Home » Artikel » Film Fitna Akan Segera Menghilang Dari YouTube

Film Fitna Akan Segera Menghilang Dari YouTube

Film Fitna yang berdurasi 17 menit itu kabarnya akan segera menghilang dalam jangka waktu maksimal 2 hari lagi. Film yang memuat potongan ayat-ayat Al-Quran di antara gambar pidato ulama radikal Islam, dan juga gambar-gambar tindak kekerasan tersebut dinilai dapat menjadi sebuah pesan provokatif yang dapat memecah persatuan umat beragama di dunia.

Film yang awalnya memang dilarang pemerintah Belanda untuk dirilis tersebut telah dikecam oleh sekjen PBB, Ban Kimoon lewat pernyataannya, “Tidak ada satu pun justifikasi yang pantas untuk penyebaran kebencian atau kekerasan seperti pada film ini”. Perdana Menteri Belanda Jan Peter Balkenende juga mengatakan, film itu secara keliru mempersamakan Islam dengan tindak kekerasan. “Kami yakin [film] itu tidak memiliki tujuan lain, kecuali menyinggung,” kata PM Balkenende dalam suatu pernyataan.

Pemerintah, melalui Depkominfo telah melayangkan surat resmi kepada pengelola YouTube agar film Fitna di-remove dari content YouTube. Jika YouTube tidak segera memenuhi permintaan pemerintah, maka situs YouTube terancam tidak bisa diakses dari Indonesia. Pemerintah akan bekerja sama dengan ISP untuk memblokir YouTube. “Kan pengelola YouTube yang tanggung jawab atas isi situs. Tidak mungkin kan kita yang edhel-edhel (mengacak-acak – red.) muatan situsnya,” jelas Menkominfo, M Nuh yang pernah menjabat sebagai rektor ITS itu.

Namun nampaknya, untuk pemblokiran, pemerintah agaknya mendapat pertentangan dari berbagi pihak, karena konten dari YouTube itu sebagian juga menjadi bahan pendidikan. Berita tentang Film itu cepat sekali menyebar luas. Pencarian tentang Film YouTube memuncak pada tanggal 28 Maret 2008. Dan menurut Google traffic, Indonesia berada di urutan kedua pencari film tersebut. Banyak pihak yang memanfaatkan momen tersebut dengan memposting film tersebut ke website atau blog mereka, agar traffict blog mereka ikut terkatrol. Mereka menyediakan download Film Fitna di halaman web mereka. Namun sangat disayangkan sekali, mereka tidak memikirkan apa yang telah mereka perbuat. Bagaimanakah menurut anda??


1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: