Anak Indonesia Asli

Home » techno » Baru, Virus Serang File Gambar

Baru, Virus Serang File Gambar

Biasanya, file berformat JPG atau JPEG aman dari serangan virus. Namun, sejak Januari-Februari lalu, muncul virus yang cukup memusingkan. Namanya, Dinda Dewi alias Sang Perawan.

Sasaran virus ini adalah file berformat JPEG dan .exe. Virus Sang Perawan akan menyisipkan kode virus di bagian awal header file. Setelah terinfeksi, file-file tersebut tidak akan bisa dibuka, kecuali diedit kembali satu per satu menggunakan Hex Editor.

File yang terinfeksi virus Sang Perawan cukup khas. Yakni, menggunakan ikon JPEG image (JPG) berukuran 301 KB atau 96 KB (tergantung varian) dengan tip file Application.

Virus ini akan menduplikasi file yang diinfeksi. Terutama, ke dalam setiap folder dan subfolder dengan menyertakan ciri khusus. Yakni, file tersebut bernama sama dengan folder atau subfolder tempatnya bernaung. Sehingga, operasi komputer yang terinfeksi menjadi lambat karena alokasi memori.

Untuk mengidentifikasi Sang Perawan tanpa antivirus, cukup lihat tampilan file gambar secara thumbnails. Jika terinfeksi, file gambar hanya akan muncul sebagai icon JPEG. Jika bersih, tampilan thumbnails akan berupa gambar dalam ukuran kecil, seperti biasanya.

Untuk membersihkan dua varian tersebut, putuskan hubungan komputer dari jaringan. Kemudian, matikan proses virus yang aktif di memori dengan tools Process Explorer (download di alamat http://technet.microsoft.com/en-us/sysinternals/bb896653.aspx). Setelah itu, matikan proses virus ber-icon JPEG dengan nama Startup.exe, Svchost.exe, dan Spoolsv.exe, serta hapus registri yang telah dibuat oleh virus.

Untuk mengembalikan file JPG yang sudah terinfeksi, gunakan tools Hex Editor untuk menghapus script yang dibuat oleh virus. Untuk download tools ini, akses alamat http://www.topshareware.com/Free-Hex-Editor-transfer-38240.htm. Selamat mencoba! (rum/vaksin/kkn)

Jawapos, 4 Meret 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: