Anak Indonesia Asli

Home » techno » Tip Membeli Mesin Game Portabel

Tip Membeli Mesin Game Portabel

Canggih versus Inovatif

 

Sebentar lagi libur Lebaran. Ini berarti akan ada banyak waktu luang. Mesin game portabel merupakan salah satu pilihan terbaik melewatkan waktu. Pemilik mesin ini akan disuguhi pertunjukan audio-visual yang interaktif. Permainan yang adiktif, mungkin ditambah cerita yang menarik, musik merdu, dan aksi seru. Saat ini, Nintendo DS dan PSP, mesin-mesin portabel paling populer saat ini, jauh mengungguli mesin home-system. Ini disebabkan perkembangan teknologi mesin portabel -ditopang kemajuan teknologi ponsel dan PDA- yang telah mampu menghadirkan kualitas grafis memuaskan.Masalahnya sekarang, tidak semua orang mampu memiliki Nintendo DS dan PSP sekaligus. Lalu, mana yang lebih layak dibeli? Techno kali ini mencoba membantu menjawab.

————-

PSP (PlayStation Portable)

Merek Sony identik dengan kecanggihan. PSP bukanlah perkecualian. Dengan CPU 330MHz, DRAM 4MB, dan main memory 32MB, mesin ini mampu menampilkan performa di antara mesin home-system PSone dan PlayStation2. Layar TFT-nya yang berukuran 4,3″, berdimensi 16:9 (widescreen), dan mampu menampilkan 16 juta warna menambahkan kemewahan tersendiri.Fungsi mesin hitam mungil ini tergolong komplet. Selain memainkan game, media UMD (Universal Media Disc) memberikan fungsi tambahan berupa video player. Pemilik mesin ini bisa mengisi Memory Stick PRO Duo dengan koleksi MP3. Juga ada program web browser untuk berinternet ria melalui jaringan WiFi.Game untuk PSP rata-rata bergrafis 3D. Banyak di antaranya merupakan daur ulang game PSone dan PlayStation2. Misalnya, Ridge Racer dengan kualitas grafis yang nyaris identik. Tapi, ada juga game original seperti serial Metal Gear Acid.September kemarin, Sony merilis mesin PSP Slim & Lite yang sosoknya lebih ramping. Mesin ini juga punya fasilitas baru yang menarik. Yaitu, kabel yang menghubungkan dengan pesawat televisi. Permainan pun bisa ditonton orang lain.Mesin PSP menyandang satu kelemahan besar, yaitu baterai yang cepat habis. Sekali isi penuh, baterai hanya mampu bertahan selama beberapa jam. PSP Slim & Lite memiliki manajemen energi yang lebih baik. Tapi, tetap bukan tandingan mesin Nintendo DS yang mampu bekerja belasan jam nonstop.

Harga: Rp 1,8-2 juta (hanya handset tanpa memori)

Nintendo DS

Mesin ini dibekali prosesor ARM7 dan ARM9 yang kalah canggih jika dibandingkan dengan PSP. Layarnya juga “hanya” mampu menampilkan 260 ribu warna. Nintendo DS tak punya analog stik, IrDA (inframerah), slot USB, dan slot memori eksternal, yang semuanya merupakan keunggulan PSP.Tapi, salah besar jika meremehkan Nintendo DS. Sebab, mesin ini punya berbagai keistimewaan yang lebih dari sekadar mengompensasi kekurangan. Pertama, mesin ini berlayar ganda. Satu layar bisa digunakan bermain, sedangkan layar lain memajang menu, peta, dan sebagainya. Kadang permainan malah berlangsung di dua layar.Layar bawah Nintendo DS berupa touch screen. Bisa bereaksi oleh stylus atau sentuhan jari. Ini menambahkan unsur permainan yang lebih mengasyikkan. Belum lagi mikrofon yang juga sering digunakan dalam game tertentu.Keunggulan berikutnya, koleksi game yang lebih banyak. Jauh lebih banyak dibanding PSP. Mesin ini juga bisa memainkan semua permainan mesin GameBoy Advance, GameBoy Color, hingga GameBoy klasik yang jumlahnya ribuan judul. Harganya? Rp 1,2-1,4 juta, software emulator (ray)

Jago Lama yang Masih Bertaji

Harga per unit Nintendo DS dan PSP mentahan (tanpa fasilitas penggunaan software ilegal) lebih dari satu juta rupiah. Ini mungkin terlalu mahal bagi sebagian orang. Untuk mereka, ada alternatif lain, yaitu GameBoy Advance.Sebelum Nintendo DS, GameBoy Advance merupakan raja mesin game portabel. Bahkan, Nokia N-Gage yang ambisius gagal menandingi mesin ini. GameBoy Advance memiliki lebih dari seribu judul game. Juga bisa memainkan GameBoy Color dan GameBoy klasik.Permainan yang dirilis untuk GameBoy Advance masih belum ketinggalan zaman. Siapa pun bisa bergembira memainkan, katakanlah, Sonic Advance atau Gunstar Heroes Advance. Mesin ini juga punya fasilitas multiplayer, tapi menggunakan kabel data yang menghubungkan dua mesin atau lebih.Saat ini, di pasaran masih beredar dua varian GameBoy Advance. Yaitu, Game Boy Advance SP yang bisa dilipat dan GameBoy Micro yang berwujud sangat mungil. Dengan anggaran ratusan ribu rupiah, mesin ini merupakan pilihan belanja yang bijak. (ray)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: